BERKENALAN DENGAN KAMPUNG BACA



BERKENALAN DENGAN KAMPUNG BACA

Komunitas Kampung Baca adalah gerakan sosial yang bergerak di bidang pendidikan. Kampung Baca memulai aktivitasnya sejak 1 Januari 2016, dikelola oleh Nedi Suryadi Mahasiswa Filsafat IAIN SMH Banten dengan dibantu beberapa kawan. Disebut Komunitas Kampung Baca karena kegiatan Komunitas ini berkeliling dari satu kampung ke kampung lainnya. Sampai bulan februari ini ada sekitar 5 kampung yang baru dikunjungi oleh kampung baca, 2 di Pandeglang dan 3 di Serang. Target dari kegiatan ini adalah mengumpulkan karya tulis anak desa dalam bentuk cerpen dan puisi atau karya sastra anak lainnya, yang rencananya karya ini akan di jadikan antologi Karya Anak Desa; “Di Desa Kami Punya Cerita”. Antologi ini bentuknya buku cerita bergambar layaknya buku kanak kanak lainnya. Bedanya, antologi yang akan di buat Kampung Baca adalah karya anak Banten sendiri. Setelah antologi ini terbentuk, bukunya akan diberikan pada anak anak yang menulis karya itu sendiri, untuk menjadi bahan bacaan disekolah atau dirumah mereka. Kalau kemudian Kampung Baca memiliki biaya produksi yang cukup, antologi karya anak desa ini akan dicetak dan di perbanyak untuk kemudian dimasukan ke sekolah sekolah tingkat dasar di Banten, disesuaikan dengan lokasi pembuatan ceritanya.

Bentuk kegiatan dari Kampung Baca ini ada beberapa macam, membaca dan menulis adalah kegiatan utamanya. Selain daripada itu kegiatannya diisi pula dengan musik akustik, menggambar dan pemutaran film. Sesekali ada bakti sosial, seperti bersih bersih lingkungan dan lain sebagainya.

Biaya yang menopang Komunitas Kampung Baca ini diperoleh dari hasil penjualan kaos yang diproduksi oleh Kampung Baca sendiri bekerja sama dengan rekanan konveksi. Hasil keuntungan dari penjualan kaos inilah yang digunakan untuk pembelian buku, operasional kegiatan dan pembuatan buku antologi karya anak desa. Untuk menambah jumlah buku, Kampung Baca juga terbuka pada siapa saja yang akan mendonasikan buku tentu dengan syarat tidak mengikat. 

Jenis kaos yang di produksi Kampung Baca yang edisi ke 2 yang tersedia saat ini, untuk anak anak dan dewasa

Sampai saat ini, Komunitas Kampung Baca belum memiliki tempat dan struktur yang permanen. Untuk sementara penyimpanan buku dan lain sebagainya masih di Kampus IAIN tempat dimana Nedi tinggal. Kedepan entah kapan, kampung baca juga berkeinginan memiliki tempat pribadi, ini masih dalam angan angan. Tetapi dalam waktu dekat Komunitas Kampung Baca juga akan Lounching, dengan tujuan untuk memperkenalkan keberadaan komuinitas ini kepada masyarakat yang lebih luas.
Harapan kami dalam mengelola Kampung Baca ini Cuma satu, bisa menjaga konsistensi.

Salah satu publikasi kegiatan Kampung Baca oleh salah satu media cetak di Banten
Demikian perkenalan singkat dari Kampung Baca, belum banyak yang bisa kami sampaikan, karena belum banyak pula yang kami perbuat. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Kampung Baca bisa melalui No. Telp. di 087871055693/081289098158 (Nedi Suryadi). Hatur Nuhun.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close
WakwaW